Minggu, 26 Januari 2014

CONTOH PROPOSAL PEMBUATAN APLIKASI LISTRIK DINAMIS MENGGUNAKAN VISUAL BASIC




TULISAN (BAHASA INDONESIA 1) : CONTOH PROPOSAL PEMBUATAN APLIKASI LISTRIK DINAMIS MENGGUNAKAN VISUAL BASIC

_________________________________________________________________________________
UNIVERSITAS GUNADARMA

                                                    


PEMBUATAN APLIKASI LISTRIK DINAMIS
MENGGUNAKAN VISUAL BASIC


          NAMA                  : Ramad WIdodo                                                            
                                              KELAS                 : 3KA01
                                              NPM                     : 18111726





UNIVERSITAS GUNADARMA
2013



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan tugas bahasa indonesia yaitu contoh penulisan ilmiah  ini yang berjudul “pembuatan aplikasi listrik dinamis
Menggunakan visual basic ”. Tugas ini dibuat sebagai tugas terakhir pada matakuliah bahasa Indonesia 1 di semester 5. untuk dapat menetapkan nilai yang akan diberikan dalam mata kuliah softskill ini
Tugas  ini berisikan tentang pendahuluan, landasan teori, perancangan dan penuntup dalam pembuatan aplikasi listrik dinamis menggunakan visual basic.
Dalam penyusunan tugas penulisan ilmiah ini tidak lepas dari dari bantuan banyak pihak maka pada kesempatan ini penulis  ingin mengucapkan banyak – banyak terima kasih pada sumber – sumber yang penulis dapatkan dari internet, yang penulisn dapat jadikan referensi dalam penulisan ilmiah.
Penulis  menyadari bahwa tugas penulisan ilmiah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan penulisan ilmiah ini. Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu  dalam penyusunan penulisan ilmiah ini.
Jakarta 26 Januari 2014


                                                                                                                            Ramad widodo

                             Daftar isi
Cover                                                  i                                                  
Kata Pengantar                                   ii
Daftar Isi                                            iii
BAB I Pendahuluan
1.1         Latar Belakang                            1
1.2         Batasan Masalah                         1
1.3         Tujuan Penulisan                        1
1.4         Metode Penulisan                        1
1.5         sistematika Penulisan                   2
BAB II Landasan Teori
2.1      Visual Basic 6.0                                      3
2.2     Photoshop CS4                         3
BAB III Perancangan
3.1            Perancangan Interface            4                                  
3.2             Stuktur Navigasi                      5
BAB IV Penutup
         4.1        Kesimpulan                           6
         4.2        Saran                                    6
Daftar Pustaka

BAB I
Pendahuluan
1.1   Latar Belakang
Kemajuan teknologi yang sangat pesat dalam bidang informasi, memberikan kemudahan bagi manusia untuk menyebarkan maupun memperoleh informasi yang di inginkan. Salah satunya adalah aplikasi untuk pendidikan yang menunjang perkembangan informasi ini. Aplikasi memberikan layanan yang sangat efisien dan baik dalam hal teknologi informasi. Karena cukup banyak diminati bagi para pelajar maupun pekerja. Informasi dalam aplikasi ini khususnyayang dibuat menggunakan  visual basic dapat berupa pengetahuan , atau pun perhitungan-perhitungan untuk mempermudah pemakainya dalam menghitung.
Dalam banyaknya penggunaan aplikasi ini, penulis mencoba membuat aplikasi pembelajaran listrik dinamis, dimana aplikasi ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat mulai dari pengetahuan listrik dinamis hingga perhitungan berupa kalkulator. Pada aplikasi ini penulis menggangkat tema listrik dinamis dimana didalamnya terdapat sub bab berupa arus dan rapatan arus listrik, energy dan daya listrik. Aplikasi ini dibuat menggunakan visual basic.

1.2   Batasan Masalah
Pada aplikasi ini memberikan informasi tentang teori dan perhitungan listrik dinamis. Untuk perhitungan itu sendiri penulis masih mengalami kesulitan untuk meminimaliskan perhitungan itu sendiri dan mungkin aplikasi yang penulis buat masih terlalu minim.

1.3   Tujuan Penulisan
       Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah :
1. Memberikan kemudahan bagi user untuk memperoleh informasi berupa teori dan perhitungan listrik dinamis.
2.   Aplikasi ini berguna sebagai fasilitas untuk menyebarkan informasi.
3.  Aplikasi ini berguna sebagai media pembelajaran khusus dalam teori dan dapat menghitung soal-soal menggunakan kalkulator perhitungan.
4.   Dengan ada aplikasi ini dapat mempermudah dalam proses pembelajaran dan juga lebih menarik.

1.4   Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode pustaka yaitu mencari sumber-sumber dari buku-buku yang bersangkutan dalam penulisan ini dan juda dari internet.


1.5   sistematika Penulisan
Bab I pendahuluan
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAb II Landasan Teori
        Bab ini membahas tentang dasar yang digunakan dalam penulisan ini berupa berbagai teori yang dipakai dalam pembuatan aplikasi ini, seperti pengenalan visual basic, photoshop CS4.
Bab III Perancangan
        Menguraikan tentang perancangan dari aplikasi ini yaitu meliputi tampilan rancangan otput, input atau hasil.
BAb IV Penutup
        Menyampaikan Kesimpulan, saran pengguna dan pengembangan terhadap objek penelitian yang dibuat agar bermanfaat.


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Visual Basic 6.0

Visual Basic diciptakan pada tahun 1991 oleh Microsoft untuk menggantikan bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Visual Basic pada dasarnya adalah sebuah bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu.
Visual Basic merupakan suatu bahasa pemrograman yang sangat mudah dimengerti dan dipahami sehingga lebih banyak yang memilih pemrograman Visual Basic pada saat ini. Visual Basic atau sering disebut VB selain disebut sebagai bahasa pemrograman, juga disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program aplikasi berbasis Windows.
Bahasa Visual Basic cukup sederhana dan menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang umum digunakan dan tidak perlu lagi menghafalkan sintaks-sintaks maupun format bahasa yang bermacam-macam. Sehingga bagi programmer pemula yang ingin belajar pemrograman, Visual Basic dapat membantu membuat program berbasis Windows dalam sekejap. Sedangkan bagi programmer tingkat lanjut dengan kemampuan yang besar dapat digunakan untuk membuat program-program yang kompleks.
Sejak dikembangkannya versi pertama pada tahun 1991, Microsoft Visual Basic kini telah mencapai versi ke-6. Berikut ini ada beberapa keunggulan dari Microsoft Visual Basic 6.0:
    1.                Kemampuan membuat ActiveX dan fasilitas internet yang lebih banyak.
    2.                Memiliki compiler yang dapat menghasilkan output file executable (.exe).
    3.                 Membuat flat form pembuatan program yang diberikan nama developer studio.

2.2 Photoshop CS4
Adobe Photoshop CS4 Extended adalah sebuah software pengolah gambar yang paling mumpuni di dunia editing gambar. Selain memiliki fitur yang dapat dibilang cukup komplit, Adobe Photoshop CS4 Extended juga memiliki interface atau tampilan yang user friendly (mudah digunakan) seperti versi-versi sebelumnya, dan juga Adobe Photoshop versi ini sangat mudah untuk menambahkan perangkat produktivitas tambahan yang signifikan.
Adobe Photoshop CS4 memiliki fitur Smoother Panning and Zooming and Fluid Canvas Rotation, Arahkan ke setiap area tertentu dari suatu gambar dengan yang baru, zooming dan panning dapat dilakukan sangat halus.



BAB III
PERANCANGAN

3.1Perancangan Interfac        
          1. Halaman Menu
              
Gambar 3.1 Rancangan halaman menu
        Pada rancangan halaman menu diatas memiliki bagian sub menu pada bagian ini terdapat menu-menu dan sub menu yang berfungsi untuk menunjukan atau menampilkan ke halaman berikut sesuai dengan menu dan sub menu yang di pilih.lalau pilih oke untuk kehalaman yang di tujunya. Exit untuk keluar dari aplikasi dan back untuk kembali ke tampilan tujuan.

      2.    Halaman Teori, Rangkaian, rumus dan soal
                                       Gambar 2.2 Rancangan Halaman Teori,rangkain,rumus dan soal

          Pada rancangan halaman teori,rangkain,rumus dan soal memiliki bagian teks pada bagian ini terdapat teori-teori, rumus, soal dan rangkain yang berfungsi untuk menampilkan informasi-informasi tentang listik dinamis. Untuk menampilkan halaman berikut atau sebelumnya menggunakan tombol next dan back.

    3. Halaman Kalkulator Perhitungan

                                                   Gambar 3.2 Halaman kalkulator perhitungan.
                Pada rancangan halaman kalkulator perhitungan memiliki bangian di ketahui yang digunakan untuk memasukan angka-angka yang di ketahui di dalam soal. Ada pun bagian jawab dimana terdapat rumus dan cara bagaimana cara menghitung serta tombol hasil untuk mendapatkan hasilnya. Bagian clear untuk menghapus smua textbox, back untuk kembali ke soal dan home kembali ke menu awal.
Struktur navigasi pada aplikasi ini menggunakan struktur hirarki, artinya adalah dari satu halaman menuju kehalaman lainnya dan sebaliknya.
 






Gamabar 3.4 Struktur Navigasi

Pada Struktur Navigasi diatas dapat dilihat halaman menu secara keseluruhan pada halaman pertaman menu dapat menuju kehalaman terori ,rangkain,rumus dari halaman tersebut dapat menuju kehalaman kalkulator perhitungan dan kembali lagi kehalaman menu.



BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
        Dalam membuat aplikasi pembelajaran ini menggunakan bahasa pemerograman visual basic dan photoshop CS4 sebagi editing gambar sehingga menghasilkan aplikasi yang dinamis. Tahap yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah perancangan. Karena dalam membuat aplikasi ini di perlukan desain untuk mendukung aplikasi ini agar dapat menarik pada saat user melihat maupun menggunakannya.

4.2 Saran
    Untuk mengembangkan aplikasi ini masih dapat dilakukan pengembangan dan modifikasi. Dan pada bagian design di usahakan untuk membuat tampilan yang lebih baik agar para user tidak merasa jenuh.




 Daftar Pustaka
Sutejo S.pd, Drs. Purwoko.Fisika 3 Smk kelas XII.Yudhistira.




5 komentar:

  1. terimakasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  2. terima kasih..
    ini ilmu yang sangat bermanfaat.
    silakan
    kunjungi blog saya
    klik disini

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ada installer Powerbuilder semua versi
    https://zulmach.wordpress.com
    dan youtube channel
    https://www.youtube.com/channel/UCbn3GqvzKeneDQuy8JvoSIQ?sub_confirmation=1

    BalasHapus