TULISAN (BAHASA INDONESIA 1) : CONTOH PROPOSAL PEMBUATAN APLIKASI LISTRIK DINAMIS MENGGUNAKAN VISUAL BASIC
_________________________________________________________________________________
UNIVERSITAS GUNADARMA
PEMBUATAN APLIKASI LISTRIK DINAMIS
MENGGUNAKAN VISUAL
BASIC
NAMA : Ramad WIdodo
KELAS : 3KA01
NPM : 18111726
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil
menyelesaikan tugas bahasa indonesia yaitu contoh penulisan ilmiah ini
yang berjudul “pembuatan aplikasi listrik dinamis
Menggunakan visual basic ”. Tugas ini dibuat sebagai tugas
terakhir pada matakuliah bahasa Indonesia 1 di semester 5. untuk dapat
menetapkan nilai yang akan diberikan dalam mata kuliah softskill ini
Tugas ini berisikan tentang pendahuluan, landasan
teori, perancangan dan penuntup dalam pembuatan aplikasi listrik dinamis
menggunakan visual basic.
Dalam penyusunan tugas penulisan ilmiah ini tidak lepas dari dari
bantuan banyak pihak maka pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan banyak – banyak terima kasih
pada sumber – sumber yang penulis dapatkan dari internet, yang penulisn dapat jadikan
referensi dalam penulisan ilmiah.
Penulis menyadari bahwa tugas penulisan ilmiah ini
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak
yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan penulisan ilmiah
ini. Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penyusunan penulisan ilmiah ini.
Jakarta 26 Januari 2014
Ramad widodo
Daftar isi
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Batasan Masalah 1
1.3 Tujuan Penulisan 1
1.4 Metode Penulisan 1
1.5 sistematika Penulisan 2
BAB II Landasan Teori
2.1
Visual Basic 6.0 3
2.2 Photoshop CS4 3
BAB III Perancangan
3.1 Perancangan Interface 4
3.2 Stuktur Navigasi 5
BAB IV Penutup
4.1
Kesimpulan 6
4.2
Saran 6
Daftar Pustaka
BAB I
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Kemajuan teknologi yang sangat
pesat dalam bidang informasi, memberikan kemudahan bagi manusia untuk
menyebarkan maupun memperoleh informasi yang di inginkan. Salah satunya adalah
aplikasi untuk pendidikan yang menunjang perkembangan informasi ini. Aplikasi
memberikan layanan yang sangat efisien dan baik dalam hal teknologi informasi.
Karena cukup banyak diminati bagi para pelajar maupun pekerja. Informasi dalam
aplikasi ini khususnyayang dibuat menggunakan
visual basic dapat berupa pengetahuan , atau pun perhitungan-perhitungan
untuk mempermudah pemakainya dalam menghitung.
Dalam banyaknya penggunaan aplikasi ini,
penulis mencoba membuat aplikasi pembelajaran listrik dinamis, dimana aplikasi
ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat mulai dari pengetahuan listrik
dinamis hingga perhitungan berupa kalkulator. Pada aplikasi ini penulis
menggangkat tema listrik dinamis dimana didalamnya terdapat sub bab berupa arus
dan rapatan arus listrik, energy dan daya listrik. Aplikasi ini dibuat
menggunakan visual basic.
1.2
Batasan Masalah
Pada aplikasi ini memberikan
informasi tentang teori dan perhitungan listrik dinamis. Untuk perhitungan itu
sendiri penulis masih mengalami kesulitan untuk meminimaliskan perhitungan itu
sendiri dan mungkin aplikasi yang penulis buat masih terlalu minim.
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan dari
pembuatan aplikasi ini adalah :
1. Memberikan kemudahan bagi user untuk memperoleh
informasi berupa teori dan perhitungan listrik dinamis.
2. Aplikasi ini berguna sebagai fasilitas untuk
menyebarkan informasi.
3. Aplikasi ini berguna sebagai media pembelajaran
khusus dalam teori dan dapat menghitung soal-soal menggunakan kalkulator
perhitungan.
4. Dengan ada aplikasi ini dapat mempermudah dalam
proses pembelajaran dan juga lebih menarik.
1.4
Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah
metode pustaka yaitu mencari sumber-sumber dari buku-buku yang bersangkutan
dalam penulisan ini dan juda dari internet.
1.5
sistematika Penulisan
Bab I
pendahuluan
Bab ini berisi tentang latar
belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan
sistematika penulisan.
BAb II Landasan
Teori
Bab ini membahas tentang dasar yang
digunakan dalam penulisan ini berupa berbagai teori yang dipakai dalam
pembuatan aplikasi ini, seperti pengenalan visual basic, photoshop CS4.
Bab III
Perancangan
Menguraikan
tentang perancangan dari aplikasi ini yaitu meliputi tampilan rancangan otput,
input atau hasil.
BAb IV Penutup
Menyampaikan
Kesimpulan, saran pengguna dan pengembangan terhadap objek penelitian yang
dibuat agar bermanfaat.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Visual Basic 6.0
Visual Basic diciptakan pada tahun 1991 oleh Microsoft
untuk menggantikan bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic
Instruction Code). Visual Basic pada dasarnya adalah sebuah bahasa
pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah atau
instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu.
Visual Basic merupakan suatu bahasa pemrograman yang
sangat mudah dimengerti dan dipahami sehingga lebih banyak yang memilih
pemrograman Visual Basic pada saat ini. Visual Basic atau sering disebut VB
selain disebut sebagai bahasa pemrograman, juga disebut sebagai sarana (tool)
untuk menghasilkan program aplikasi berbasis Windows.
Bahasa Visual Basic cukup sederhana dan menggunakan kata-kata bahasa
Inggris yang umum digunakan dan tidak perlu lagi menghafalkan sintaks-sintaks
maupun format bahasa yang bermacam-macam. Sehingga bagi programmer pemula yang
ingin belajar pemrograman, Visual Basic dapat membantu membuat program berbasis
Windows dalam sekejap. Sedangkan bagi programmer tingkat lanjut dengan
kemampuan yang besar dapat digunakan untuk membuat program-program yang
kompleks.
Sejak dikembangkannya
versi pertama pada tahun 1991, Microsoft Visual Basic kini telah mencapai versi
ke-6. Berikut ini ada beberapa keunggulan dari Microsoft Visual Basic 6.0:
1.
Kemampuan
membuat ActiveX dan fasilitas internet yang lebih banyak.
2.
Memiliki
compiler yang dapat menghasilkan output file executable (.exe).
3.
Membuat flat form pembuatan program yang
diberikan nama developer studio.
2.2
Photoshop CS4
Adobe Photoshop CS4 Extended adalah
sebuah software pengolah gambar yang paling mumpuni di dunia editing gambar.
Selain memiliki fitur yang dapat dibilang cukup komplit, Adobe Photoshop CS4
Extended juga memiliki interface atau tampilan yang user friendly (mudah
digunakan) seperti versi-versi sebelumnya, dan juga Adobe Photoshop versi ini
sangat mudah untuk menambahkan perangkat produktivitas tambahan yang
signifikan.
Adobe Photoshop CS4 memiliki fitur
Smoother Panning and Zooming and Fluid Canvas Rotation, Arahkan ke setiap area
tertentu dari suatu gambar dengan yang baru, zooming dan panning dapat
dilakukan sangat halus.
BAB III
PERANCANGAN
3.1Perancangan Interfac
1. Halaman Menu
Gambar 3.1 Rancangan halaman menu
Pada rancangan
halaman menu diatas memiliki bagian sub menu pada bagian ini terdapat menu-menu
dan sub menu yang berfungsi untuk menunjukan atau menampilkan ke halaman
berikut sesuai dengan menu dan sub menu yang di pilih.lalau pilih oke untuk
kehalaman yang di tujunya. Exit untuk keluar dari aplikasi dan back untuk
kembali ke tampilan tujuan.
2. Halaman Teori, Rangkaian, rumus dan soal
Gambar 2.2
Rancangan Halaman Teori,rangkain,rumus dan soal
Pada
rancangan halaman teori,rangkain,rumus dan soal memiliki bagian teks pada
bagian ini terdapat teori-teori, rumus, soal dan rangkain yang berfungsi untuk
menampilkan informasi- informasi tentang listik dinamis. Untuk menampilkan halaman
berikut atau sebelumnya menggunakan tombol next dan back.
3. Halaman
Kalkulator Perhitungan
Gambar 3.2 Halaman kalkulator perhitungan.
Pada rancangan
halaman kalkulator perhitungan memiliki bangian di ketahui yang digunakan untuk
memasukan angka-angka yang di ketahui di dalam soal. Ada pun bagian jawab
dimana terdapat rumus dan cara bagaimana cara menghitung serta tombol hasil
untuk mendapatkan hasilnya. Bagian clear untuk menghapus smua textbox, back
untuk kembali ke soal dan home kembali ke menu awal.
Struktur navigasi pada aplikasi ini menggunakan struktur hirarki,
artinya adalah dari satu halaman menuju kehalaman lainnya dan sebaliknya.
Gamabar 3.4 Struktur Navigasi
Pada Struktur Navigasi diatas dapat
dilihat halaman menu secara keseluruhan pada halaman pertaman menu dapat menuju
kehalaman terori ,rangkain,rumus dari halaman tersebut dapat menuju kehalaman
kalkulator perhitungan dan kembali lagi kehalaman menu.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Dalam
membuat aplikasi pembelajaran ini menggunakan bahasa pemerograman visual basic
dan photoshop CS4 sebagi editing gambar sehingga menghasilkan aplikasi yang
dinamis. Tahap yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah perancangan.
Karena dalam membuat aplikasi ini di perlukan desain untuk mendukung aplikasi
ini agar dapat menarik pada saat user melihat maupun menggunakannya.
4.2
Saran
Untuk
mengembangkan aplikasi ini masih dapat dilakukan pengembangan dan modifikasi.
Dan pada bagian design di usahakan untuk membuat tampilan yang lebih baik agar
para user tidak merasa jenuh.
Daftar Pustaka
Sutejo S.pd, Drs. Purwoko.Fisika 3 Smk kelas XII.Yudhistira.
terimakasih artikelnya sangat membantu
BalasHapusterima kasih..
BalasHapusini ilmu yang sangat bermanfaat.
silakan
kunjungi blog saya
klik disini
terimakasih banyak
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusada installer Powerbuilder semua versi
BalasHapushttps://zulmach.wordpress.com
dan youtube channel
https://www.youtube.com/channel/UCbn3GqvzKeneDQuy8JvoSIQ?sub_confirmation=1