Jumat, 20 April 2012

Tips dan Trik Pencarian Search Engine


1.        Mencari website atau weblog yang mengandung frase tertentu secara pasti.
Misal, “tutorial VB” dengan tanda kutip “ “ di frase tersebut pada google maka search engine akan menampilkan website atau blog yang mengandung frase kata tutorial VB dengan dua kata tersebut tetap menjadi satu frase tutorial VB.

2.        Menampilkan halaman website atau weblog dengan judul tertentu saja.
 Formatnya intitle:<kata kunci> misalnya anda ketikkan intitle: Cara membuat Nasi goreng special maka search engine akan menampilkan judul yang mengandung unsur kata Cara membuat Nasi goreng special.

3.        Mencari halaman/pages yang ada pada website atau weblog tertentu.
Formatnya site:domain misalnya anda ketikkan site: http://ilmusosial-ramadwidodo.blogspot.com/ pada google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang ada pada http://ilmusosial-ramadwidodo.blogspot.com/


4.        Mencari halaman/pages yang mengandung kata atau frase hanya pada satu website atau weblog tertentu saja.
Formatnya site:domain<spasi>keyword misalnya anda ketikkan site:leo-ug.blogspot.com tips google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mengandung kata tips google hanya pada site:leo-ug.blogspot.com bukan pada situs lainnya.

5.        Cara untuk mengetahui waktu di suatu Negara.
 Formatnya time in nama negara misalnya kamu ketikkan time in Tokyo atau bisa juga ketikkan time in London untuk mengetahui waktu di Tokyo - Jepang atau di London – Inggris.

6.         Mencari website atau weblog lainnya yang isinya mempunyai kesamaan juga
 Formatnya related:domain misalnya anda ketikkan related: http://ilmusosial-ramadwidodo.blogspot.com/ pada google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mempunyai kesamaan dengan http://ilmusosial-ramadwidodo.blogspot.com/

7.        Mencari halaman dari website atau weblog yang diperhitungkan sebagai backlink google.
Formatnya link:domain misalnya anda ketikkan link: http://ilmusosial-ramadwidodo.blogspot.com/.com pada google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mempunyai tautan atau link dengan http://ilmusosial-ramadwidodo.blogspot.com/serta diperhitungkan sebagai backlink google. Metode ini bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah backlink google yang kita punyai dengan melihat pada hasil penelusurannya pada bagian sebelah kanan atas.

8.        Mencari crack sebuah program.
 Formatnya crack:nama_aplikasi misalnya anda ketikkan crack:Autocad pada google maka search engine akan menampilkan situs yang menyediakan crack untuk program aplikasi Autocad tersebut.

9.        Mengetahui arti definisi dari sebuah kata atau frase tertentu.
    Formatnya define:frase misalnya anda ketikkan define:SEO pada google maka search engine akan menampilkan arti dari kata SEO

10.     Mencari file yg berformat PDF,DOC,JPEG,dan lain-lain.
Formatnya filetype:pdf <spasi> namanya misalnya anda ketikkan filetype:pdf Internet Dasar pada google maka search engine akan menampilkan dokumen berformat pdf yang mengandung unsur kata Internet Dasar. Setelah itu anda bisa memilihnya untuk langsung mendownloadnya. Begitu juga dengan file yang berformat DOC,JPEG, dan lain. Hanya mengganti kata filetype:DOC dan sebagainya.

11.    Mencari website atau weblog tertentu dengan menggunakan frase
 tertentu dimana satu kata sebagai filter untuk tidak menampilkan website atau weblog dalam penulusaran google yang mengandung kata tersebut.Misal anda ketikkan Bleach -Naruto dengan menambahkan tanda – pada kata yang terakhir tersebut pada google, maka search engine akan menampilkan website atau blog yang mengandung kata Bleach namun yang mengandung unsur kata Naruto tidak akan ditampilkan atau di eliminasi dalam penelusuran google .

12.    Cara mengkonversi mata uang.
      Formatnya currency 1 <uang yang dikonversi> in <uang hasil konversi>
Misalnya ketik
currency 1 usd in gbp (artinya konversi US$ 1 ke mata uang Inggris/British Pound) atau ketik currency 1 usd in yen (artinya konversi US$ 1 ke mata uang jepang)

13.       Cara untuk mengetahui kondisi cuaca di suatu kota
       Formatnya weather nama kota misalnya ketik weather Tokyo atau weather Bogor.

14.    .   Melakukan penghitungan matematika
      Adapun untuk operasi perhitungannya * untuk perkalian, / untuk pembagian, ^ untuk pangkat, % of untuk persentase dari, + dan – untuk pertambahan dan pengurangan, Misalnya anda masukkan 10*5/4 pada google, maka google akan menampilkan hasil 12.5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar