Sebelum kita
membahas tentang teknologi yang terkait dengan antar muka telematika, sebaiknya
kita terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan antar muka (interface).
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang
disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan
sistem operasi. Antarmuka (interface) ini komponen sistem operasi yang bersentuhan
langsung dengan pengguna. Ada beberapa fitur teknologi yang terkait antar muka
telematika yaitu sebagai berikut :
1. Head Up Display (HUD)
Head
Up Display
(HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa
mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang
biasanya.
Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan
kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada
melihat ke arah bawah bagian instrumen. HUD dibuat untuk kepentingan
penerbangan militer, tetapi sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan
sipil, kendaraan dan diterapkan oleh industri otomotif di dunia, dan BMW
menjadi pabrikan otomotif pertama yang meluncurkan produk massal dengan
teknologi HUD di kaca depannya. Teknologi ini tak hanya memberi kenyamanan bagi
pengemudi, melainkan juga keselamatan berkendara.
Contoh Head Up Display (HUD) :
·
Automobile
General Motors mulai menggunakan display head-up pada tahun
1988 dengan layar warna, pertama muncul pada tahun 2001 pada Corvette. Pada
tahun 2003, BMW menjadi produsen Eropa pertama yang menawarkan HUDs.
Menampilkan menjadi semakin tersedia dalam mobil produksi, dan biasanya
menawarkan speedometer, tachometer, dan menampilkan sistem navigasi. Tampilan
malam pun juga ditampilkan melalui HUD di General Motors tertentu, Honda,
Toyota dan kendaraan Lexus. Manufaktur lainnya seperti Citroen, Saab, dan
Nissan saat ini menawarkan beberapa bentuk sistem HUD. HUDs Sepeda Motor helm
juga tersedia secara komersial.
2. Tangible User Interface
Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana
orang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Nama awal
Graspable User Interface, yang tidak lagi digunakan. Salah satu pelopor dalam
antarmuka pengguna nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory
yang mengepalai Berwujud Media Group. Pada visi-Nya nyata UIS, disebut Berwujud
Bits, adalah memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara
langsung dimanipulasi dan terlihat. Bit nyata mengejar seamless coupling antara
dua dunia yang sangat berbeda dari bit dan atom.
Contoh Tangible User Interface (TUI) :
·
Mesin
Penjawab Marmer oleh Durrell Uskup (1992). marmer adalah merupakan suatu pesan
yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu
memutar ulang pesan yang terkait.
·
sistem
Topobo. Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi
juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat
mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa menghafal gerakan-gerakan
ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
3. Computer Vision
Computer vision adalah
ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana lihat dalam hal ini berarti
bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan
tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, Computer vision berkaitan dengan
teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar. Data gambar
dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa
kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis.
Contoh aplikasi dari computer vision :
Beberapa aplikasi yang
dihasilkan dari Computer Vision antara lain :
·
Psychology, AI – exploring
representation and computation in natural vision
·
Optical Character Recognition – text
reading
·
Remote Sensing – land use and
environmental monitoring
·
Medical Image Analysis – measurement and
interpretation of many types of images
·
Industrial Inspection – measurement,
fault checking, process control
·
Robotic – navigation and control
4. Browsing Audio Data
Browsing
Audio Data merupakan
metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang
ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio metode browsing
mencakupi langkah-langkah sebagai berikut ; Menjalankan sebuah program aplikasi
komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera
IP. Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain
Name Server) oleh program aplikasi. Mendapatkan kamera IP pribadi alamat
dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP
melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke
layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video /
audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video
/ audio data melalui Internet.
Contoh Browsing Audio Data:
informasi yang dapat
dicari (browsed) melalui internet, yaitu: informasi berupa teks
(text/plain, text/html), image (image/gif, image/jpeg, image/png), video
(video/mpeg, video/quicktime), audio (audio/basic, audio/wav) dan application
(application/msword, application/octet-stream).
5. Speech Recognition
Dikenal
juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau
pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah
satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice
recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition
dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada
kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat
aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang
yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech
recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan
pembicaraan siapa saja.
Contoh Speech Recognition :
·
Aplikasi perawata kesehatan. dalam
metode perawatan kesehatan domain, bahkan di bangunmeningkatkan teknologi
pengenalan suara (transcriptionist medis (MTs) belum menjadi ibunya.
6. Speech Synthesis
Speech synthesis adalah
sebuah kemampuan bicara manusia yang dibuat oleh manusia (artificial). Sebuah
sistem komputer digunakan untuk tujuan ini yang disebut sebagai speech
synthesizer, dan dapat diimplementasikan ke dalam software atau
hardware.Synthesized speech dapat diciptakan dengan menggabungkan beberapa
potongan-potongan dari pembicaraan atau pidato yang sudah direkam dalam sebuah
basis data. Kualitas dari sebuah speech synthesizer dilihat dari kemiripannya
dengan suara manusia dan kemampuannya untuk bisa dipahami.
Contoh Speech Synthesis :
·
sebuah sistem text-to-speech (TTS)
yang dapat mengkonversikan teks dengan bahasa biasa menjadi suara. Program TTS
yang jelas dapat membantu orang dengan gangguan visual atau ketidakmampuan
membaca, untuk mendengarkan pada pekerjaan yang tertulis dalam komputer. Banyak
Sistem Operasi komputer yang telah dimasukkan speech synthesizer sejak tahun
1980-an.
Refrensi :
en.wikipedia.org/wiki/Speech_synthesis
http://www.webopedia.com/TERM/V/voice_recognition.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar