PENGENALAN
STRUKTUR DATA
DISUSUN
OLEH
NAMA NPM
RAMAD WIDODO 18111726
CITRA AYU RIMA MELATI 11111671
RAMAD WIDODO 18111726
CITRA AYU RIMA MELATI 11111671
JAENAL MUHAMAD YAMIN 18111333
KELAS : 1KA18
MATA KULIAH : ALGORITMA PEMROGRAMAN 2 C
TUGAS : PENGENALAN STRUKTUR
DATA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2012
2012
Daftar
Isi
Daftar Isi ………………………………………………………… i
BAB
I STRUKTUR DATA……………………………………………… 1
1.PENGENALAN
STRUKTUR DATA…………………………………. 1
1.1
Struktur………………………………………...………………… 1
1.2
Data…………………………………………………………….. 1
1.3
Struktur
Data…………………………………………………… 2
1.4
Pembuatan
Struktur Data……………………………………… 2
BAB
II Pengenalan linear List………………………………………… 4
1.Pengenalan Linear List……………………………………………… 4
BAB III PENGENALAN ARRAY………………………………… 5
1.
Pengertian
Array…………………………………………………… 5
2.
Karakteristik
Array………………………………………………… 5
3.1Deklarasi Array………………………………………………… 5
3.2 Jenis Array…………………………………………………… 5
3.3.
Operasi dasar pada aray……………………………………… 6
3.3.1. Penciptaan dan penghancuran………………………… 6
3.3.2. Penyimpanan dan pengambilan nilai…………………. 7
3.3.3. Pemrosesan transversal………………………………… 7
3.4.
Pengurutan Array……………………………………………… 7
3.5
Keunggulan dan kelemahan array……………………………… 8
BAB
IV Pengenalan Linked list………………………………………… 9
1. Linked list …………………………………………………………… 9
4.1 operasi dasar pada linked list……………………………………… 9
4.2
menghapus suatu node pada linked list…………………………… 9
4.3
menyisipkan suatu node kedalam likend list……………………… 10
BAB V
STACK………………………………………………………… 11
1.STACK…………………………………………………………… 11
5.1 Prinsip
Stack ………………………………………………… 11
5.2 Operasi pada stack…………………………………………..
BAB
VI Queue………………………………………………………. 13
1.Queue …………………………………………………………….. 13
6.1 Operasi dasar pada Antrean
……………………………………… 13
BAB I
STRUKTUR DATA
1.PENGENALAN
STRUKTUR DATA
Sebelum
mengenal lebih jauh apa itu struktur data. Sebaiknya kita harus tahu dahulu apa
itu struktur dan data itu sendiri.
1.1 Struktur
suatu susunan dan hubungan antara
tiap bagian serta posisi dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai
tujuan.
1.2 Data
Data adalah representasi dari
fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan,
direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau
ymbol.Pengertian data ini menyiratkan suatu nilai yang bisa dinyatakan dalam
bentuk konstanta / variable.
Konstanta digunakan untuk menyatakan nilai tetap
sedangkan variable digunakan dalam program untuk menyatakan nilai yang dapat
berubah-ubah selang eksekusi berlangsung.
Ada empat istilah data, yaitu:
1.
Tipe
data adalah jenis atau macam data di dalam suatu variable dalam bahasa
pemrograman.
2.
Objek
data mengacu kumpulan elemen (domain).
3.
Representasi
data : Suatu mapping dari struktur data) misalnya bolean di representasikan
dalam 0 dan 1.
4.
Struktur
data biasa dipakai untuk mengelompokan beberapa
informasi yang terkait menjadi sebuah kesatuan.
Tipe
data sederhana terbagi menjadi dua, yaitu:
1.
Data
sederhana tunggal. Misalnya : Integer,
real , Boolean dan character.
2.
Data
sederhana majemuk. Misalnya : String.
1.3 Struktur Data
Struktur data adalah suatu
koleksi / kelompok data yang dapat di karakteristikan oleh organisasi serta
operasi yang di definisikan terhadapnya.Dalam teknik pemrograman,struktur data
berarti tata letak yang berisi kolom-kolom data,baik itu kolom yang tampak oleh
pengguna (user) ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman
yang tidak tampak oleh pengguna.
Struktur data meliputi :
1.
Struktur
data sederhana, misalnya array.
2.
Struktur
data majemuk, yang terdiri dari
Linier:
Stack, Queue, serta List dan link list.
Pemakaian struktur data yang tepat di dalam
proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan
program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data standar yang
biasanya digunakan dibidang informatika adalah :
1.
Array
2.
List
linier (Linked List)
3.
List
4.
Stack
(Tumpukan)
5.
Queue
(Antrian)
1.4 Pembuatan Struktur Data
Untuk
membuat menjadi struktur data, kita harus melakukan dulu aktivitas terhadap
objek data, yaitu :
1.
Mendeskkripsikan
kumpulan operasi sah yang diterapkan ke elemen-elemen objek data.
2.
Menunjukan
mekanisme kerja operasi-operasi.
Tahap
pembuatan struktur data adalah :
1.
Tahap
pertama : Spesifikasi
Pendeskripsian
/ spesifikasi struktur data menyatakan apa yang dapat dilakukan struktur data,
bukan cara penerapannya. Pendeskripsian ini melibatkan konvensi matematika
untuk menyatakan sifat-sifat struktur data yang dikehendaki.
2. Tahap kedua : Implementasi
Implementasi menyatakan cara
penerapan struktur data dengan struktur data yang telah ada.Implementasi
struktur data adalah proses pendefinisian tipe data abstrak sehingga semua
operasi dapat dieksekusi computer. Implementasi struktur penyinpanan item-item
data serta algoritma-algoritma untuk implementasi operasi-operasi sehingga
menjamin terpenuhinya karakteristik struktur data, relasi item-item data
3. Tahap ketiga : Pemrograman
Pemrograman terstruktur adalah
penerjemahan menjadi pernyataan di bahasa pemrograman tertentu.
Sesuai dengan relasi yang didefinisikan
di spesifikasi perancangan harus memilih tipe-tipe data yang telah ada untuk
merepresentasikan struktur data.Struktur data di bangun menggunakan fasilitas
pembentukan atau pembuatan struktur data yang disediakan bahasa seperti array
dan sebagainya atau yang telah di buat seperti stack, queue, atau himpunan
menggunakan linked list.
Pembuatan
struktur data adalah pembentukan tipe data lengkap yang mempunyai empat
property berikut :
1.
Nama :
Identifier tipe data
2.
Domain : Domain / himpunan semesta nilai di
tipe data
3.
Konstanta
(penyebutan anggota-anggotanya) : Cara penyebutan anggota-anggota tipe data
4.
Operasi-operasi
terhadap tipe data itu (operator): Daftar operasi terhadap anggota tipe data
sehingga kelakuan objek data sesuai spesifikasi.
BAB II
Pengenalan linear List
1.
Linear
list adalah suatu struktur data yang merupakan himpunan terurut dari satuan
data atau dari record.
Elemen
yang terdapat dalam daftar disebut simpul/node.
Daftar
disebut Linear karena elemen nampak seperti baris, bahwa setiap simpul (kecuali
simpul pertama dan terakhir) selalu memiliki elemen penerus langsung (suksesor)
dan elemen pendahulu langsung (predesor).
Misalnya
didefinisikan suatu linear list A yang terdiri atas T buah elemen sebagai
berikut :
A=[ a1,a2,……………, aT ]
Jika T = 0 , maka A dikatakan
sebagai “Null List” (list hampa).
Suatu
elemen dapat dihapus (delete) dari sembarang posisi pada linear list .
Suatu
elemen baru dapat dimasukkan (insertion) kedalam list dan dapat menempati
sembarang posisi pada list tersebut.
Jadi
suatu linear list dapat berkurang atau bertambah setiap saat
Contoh : file merupakan linier
list yang elemen-elemennya berupa record.
BAB III
PENGENALAN ARRAY
1.
Pengertian
Array
Array atau larik di definisikan
sebagai pemesanan alokasi memory berurutan tetapi tidak selalu demikian. karena
terjadi kerancuan antara struktur data dan representasinya. Memang benar array
hampir selalu di implementasikan menggunakan memory berurutan tapi tidak selalu
demikian.
Semua elemem array bertipe sama.
Array cocok untuk organisasi kumpulan data homogen yang ukuran atau jumlah
elemen maksimumnya telah diketahui dari awal. Homogen adalah bahwa setiap
elemen dari sebuah array tertentu haruslah mempunyai tipe data yang sama.
2.
Karakteristik
Array
Array mempunyai karakteristik
sebagai berikut :
1.
Mepunyai
batasan dari pemesanan alokasi memori (bersifat statis)
2.
Mempunyai
tipe data sama (bersifat homogen)
3.
Dapat
diakses secara acak
3.1 Deklarasi Array
Ada tiga hal yang harus di ketahui
dalam mendeklarasikan array, yaitu :
1.
Type
data array
2.
Nama
variable array
3. Subkrip / index array.
3.2 Jenis Array
1.
Array
dimensi satu
Deklarasi : Type_Data Nama_Variabel [index]
2.
Array
dimensi dua
Deklarasi : Type_Data Nama_Variabel [index1]
[index2]
3.
Array
dimensi tiga
Deklarasi : type_Data Nama_Variabel
[index1][index2][index3]
4.
Triangular
array (array segitiga)
Triangular
array dapat merupakan Upper Triangular (seluruh elemen di bawah diagonal utama
= 0), ataupun Lower Triangular (seluruh elemen di atas diagonal utama = 0).
5.
Sperse(array jarang)
Suatu
array yang sangat banyak elemen nol-nya.
3.3. Operasi dasar pada aray
Operasi
terhadap elemen di array dilakukan dengan pengaksesan langsung. Nilai
di
masing-masing posisi elemen dapat diambil dan nilai dapat disimpan tanpa
melewati
posisi-posisi
lain.
Terdapat
dua tipe operasi, yaitu :
1.
Operasi terhadap satu elemen / posisi dari array
2.
Operasi terhadap array sebagai keseluruhan
Dua
operasi paling dasar terhadap satu elemen / posisi adalah
1.
Penyimpanan nilai elemen ke posisi tertentu di array
2.
Pengambilan nilai elemen dari posisi tertentu di array
Operasi-operasi
dasar terhadap array secara keseluruhan adalah :
1.
Operasi penciptaan
2.
Operasi penghancuran
3.
Oparasi pemrosesan traversal
4.
Operasi pencarian (table look-up)
5.
Operasi sorting
3.3.1. Penciptaan dan penghancuran
Operasi
penciptaan biasa disebut inisialisasi.
Operasi
ini untuk mempersiapkan struktur data untuk operasi-operasi berikutnya.
Operasi
penghancuran menyatakan ketidak berlakuan struktur data atau membebaskan
memory, menyerahkan memory ke manajemen memory agar dapat di pergunakan
keperluan lain.
Operasi
penghancuran penting terutama bila struktur data di implementasikan secara
dinamis menggunakan pointer
3.3.2. Penyimpanan dan pengambilan nilai
Biasanya
bahasa pemrograman menyediakan sintaks tertentu untuk penyimpanan dan
pengambilan nilai elemen pada posisi tertentu di array.
Contoh
:
A[10]
= 78, berarti penyimpanan nilai 78 ke posisi ke-10 dari array A
C
= A[10], berarti pengambilan nilai elemen posisi ke-10 dari array A
3.3.3. Pemrosesan transvesal
Operasi
pemrosesan transversal adalah pemrosesan mengolah seluruh elemen secara
sistematik.
3.4. Pengurutan Array
Pengurutan atau sorting adalah
proses yang paling sering di lakukan dalam pengolahan
data.pengurutan di bedakan menjadi dua, yaitu :
- Pengurutan internal
Pengurutan
dilakukan terhadap sekumpulan data di media memory internal komputer dimana
data dapat di akses elemennya secara langsung.
- Pengurutan eksternal
Pengurutan
data di memory sekunder. Biasanya data bervolume besar sehingga tidak mampu
dimuat semuanya di memori utama.
3.5 Keunggulan dan kelemahan array
Keunggulan
array adalah sebagai berikut :
- Array sangat cocok untuk pengaksesan acak. Sembarang elemen di array dapat diacu secara langsung tanpa melalui elemen-elemen lain.
- Jika berada di suatu lokasi elemen, maka sangat mudah menelusuri ke elemen-
elemen
tetangga, baik elemen pendahulu atau elemen penerus 3
- Jika elemen-elemen array adalah nilai-nilai independen dan seluruhnya harus terjaga,
maka
penggunaan penyimpanannya sangat efisien.
Kelemahan
array adalah sebagai berikut :
Array
mempunyai fleksibilitas rendah, sehingga tidak cocok untuk berbagai
aplikasi karena array mempunyai batasan
sebagai berikut :
- Array harus bertipe homogen. Kita tidak dapat mempunyai array dimana satu elemen
adalah
karakter, elemen lain bilangan, dan elemen lain adalah tipe-tipe lain
- Kebanyakan bahasa pemrograman mengimplementasikan array statik yang sulit
diubah
ukurannya di waktu eksekusi. Bila penambahan dan pengurangan terjadi
terus-menerus,
maka representasi statis
1. Tidak
efisien dalam penggunaan memori
2. Menyiakan banyak waktu komputasi
3. Pada
suatu aplikasi, representasi statis tidak dimungkinkan
Bila
penambahan dan pengurangan terjadi terus menerus, maka representasi statis
(array):
- Tidak efisien dalam penggunaan memory
- Menyiakan banyak waktu komputasi
- Pada suatu aplikasi, representasi statis tidak di mungkinkan.
BAB IV
Pengenalan Linked list
1.
Linked
list (one way list) adalah suatu kumpulan elemen data (yang
disebut sebagai node) dimana
urutannya ditentukan oleh suatu pointer.
q Setiap
elemen (node) dari suatu linked list terdiri atas dua bagian,
yaitu:
ร INFO
berisi informasi tentang elemne data yang bersangkutan.
ร NEXT
(link field/next pointer field), berisi alamat dari elemen (node)
selanjutnya yang dituju.
4.1 OPERASI DASAR PADA LINKED LIST
Ada beberapa aturan yang
didefinisikan pada operasi didalam linked list yaitu:
ร Jika
P adalah suatu variabel pointer, maka
nilainya adalah alamat atau lokasi dari
variabel lain yang dituju.
ร Operasi
yang didefinisikan pada
suatu variabel pointer adalah:
1.
Test apakah
sama dengan NULL
2.
Test untuk kesamaan denganvariabel pointer
lain
3.
Menetapkan
sama dengan NULL
4.
Menetapkan menuju ke node lain
Notasi
yang didefinisikan sehubungan dengan operasi diatas adalah
- NODE (P), artinya node yang ditunjuk oleh pointer P
- INFO (P), artinya nilai INFO dari node yang ditunjuk pointer P
- NEXT (P), artinya hubungan (link) selanjutnya dari node yang ditunjuk oleh pointer
4.2
MENGHAPUS SUATU NODE DARI LINKED LIST
(REMOVE)
- Untuk menghapus node dalam linked list digunakan procedure FREENODE.
- Jika Q adalah suatu variabel pointer, maka FREENODE (Q) akan menyebabkan node yang ditunjuk oleh variabel poinnter Q dihapus dalam linked list.
4.3 MENYISIPKAN SUATU NODE KEDALAM LINKED LIST
1. Untuk menyisipkan node dalam linked list digunakan procedure GETNODE
- Jika NEW adalah suatu variabel pointer, maka GETNODE (NEW) akan menyebabkan node yang ditunjuk oleh variabel pointer NEW disisipkan kedalam linked list.
3. Perhatikan
linked list berikut:
Procedure Getnode (NEW)
If Avail = Null
Then out-of-free-space
(a) else
begin
Getnode
:= Avail
(b) Avail
:= Next (Avail)
(c) Next (Getnode) := Null;
End;
Algoritma menyisipkan sebuah node :
(a)
Getnode (NEW)
(b)
Info (NEW) := Name;
(c)
Q := Next (P)
(d)
Next (P) := NEW
(e)
Next (NEW) := Q
BAB V
STACK
1.
STACK adalah suatu bentuk khusus dari linear
list di mana operasi penyisipan dan penghapusan atas elemen-elemennya hanya
dapat dilakukan pada satu sisi saja yaitu posisi akhir dari list. Posisi ini
disebut puncak atau disebut sebagai “TOP(S)”.
5.1 Prinsip
Stack
Prinsip
stack sebagai berikut :
1.
Prinsip Stack adalah LIFO ( Last In First Out
) atau Terakhir masuk pertama keluar.
2.
Setiap elemen tidak dapat dikeluarkan (POP
keluar) sebelum semua elemen diatasnya dikeluarkan.
3.
Elemen teratas (puncak) dari stack
dinotasikan sebagai TOP(S)
Misal diberikan stack S sebagai berikut :
S= [ S2,S2,………, ST ] รจ maka TOP(S) = ST
4. Untuk
menunjukkan jumlah elemen suatu stack
digunakan notasi NOEL(S).
Dari stack diatas
maka NOEL(S) = T.
NOEL(S) menghasilkan nilai integer.
5.2
Operasi pada stack
1. CREATE
(STACK)
2. ISEMPTY
(STACK)
3. PUSH
(ELEMEN, STACK)
4. POP
(STACK)
Keterangan :
1.
CREATE(S)
Operator ini berfungsi untuk membuat sebuah stack kosong
(menjadi hampa) dan didefinisikan bahwa
NOEL (CREATE (S)) = 0 dan
TOP (CREATE(S)) =
null / tidak terdefinisi
2.
ISEMPTY(S)
Operator
ini berfungsi untuk menentukan apakah
suatu stack adalah stack kosong (hampa) atau tidak . Operasinya akan bernilai
boolean dengan definisi sebagai berikut :
ISEMPTY(S)
= true, jika S adalah stack kosong atau NOEL(S) = 0
False, jika S
bukan stack kosong atau NOEL(S) ¹ 0
Catatan : ISEMPTY(CREATE(S)) = true
3.
PUSH(E,S)
1.
Operator ini berfungsi untuk menambahkan satu
elemen ke dalam stack . Notasi yang digunakan adalah PUSH(E,S)
Artinya : menambahkan elemen E
ke dalam stack S
2.
Elemen yang baru masuk ini akan menempati
posisi TOP jadi TOP(PUSH(E,S)) = E
3.
Akibat dari operasi ini jumlah elemen dalam
stack akan bertambah, artinya NOEL (S) menjadi lebih besar atau stack menjadi
tidak kosong (ISEMPTY(PUSH(E,S)) = false )
4.
POP(S)
1. Operator
ini berfungsi untuk mengeluarkan satu elemen dari dalam stack, notasinya POP(S)
2. Elemen
yang keluar dari dalam stack adalah elemen yang berada pada posisi TOP.
3. Akibat
dari operasi ini jumlah elemen stack akan berkurang atau NOEL(S) berkurang 1
dan elemen pada posisi TOP akan berubah.
4. Operator
ini tidak dapat digunakan pada stack kosong, artinya POP(CREATE(S)) = error
condition dan
5.
POP(PUSH(E,S)) = S
6. Catatan
: TOP(PUSH(E,S)) = E
BAB
VI
Queue
1. Queue
Adalah suatu bentuk
khusus dari linear list dengan operasi penyisipan (insertion) hanya pada salah
satu sisi ( Rear/ belakang) dan operasi penghapusan (deletion) hanya
diperbolehkan pada sisi lainnya (Front/ depan) dari list.
Antrean Q = [
Q1, Q2, Q3,……….., QT]
Front(Q)
= bagian depan dari antrean Q
Rear(Q) = bagian belakang dari antrean Q
Noel(Q) = Jumlah elemen di dalam antrean ( berharga
integer)
Jadi
: Front(Q) = QT
Rear(Q) = Q1
Noel(Q) = T
Antrean beroperasi secara FIFO (
First In First Out) yang pertama masuk, yang pertama keluar.
6.1 Operasi dasar pada Antrean :
1. CREATE(Q)
Operator untuk
membentuk suatu antrean hampa
Q = [,…….,]
NOEL(CREATE(Q)) = 0
FRONT(CREATE(Q)) =
tidak didefinisikan
REAR(CREATE(Q)) =
tidak didefinisikan
2. ISEMPTY(Q)
Operator yang
menentukan apakah antrean Q hampa atau tidak.
Operand dari operator
ISEMPTY adalah antrean.
Hasilnya bertipe data
Boolean
ISEMPTY(Q) =TRUE jika Q adalah antrean hampa (NOEL(Q) = 0)
FALSE jika Q bukan
antrean kosong (NOEL(Q) ¹ 0)
3. INSERT(E,Q)
Operator yang
menyisipkan elemen E ke dalam antrean Q
Catt
: Elemen Q ditempatkan pada
bagian belakang antrean dan antrean menjadi lebih panjang
Q = [ A, B, C, D]
REAR(INSERT(E,Q)) = E
FRONT(Q) = A
NOEL(Q) = 5
ISEMPTY(INSERT(E,Q))
= FALSE
4. REMOVE(Q)
Operator yang
menghapus elemen bagian depan dari antrean Q dan antrean menjadi lebih pendek
Jika NOEL(Q) = 0 maka
REMOVE(Q) = ERROR (
UNDERFLOW)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar